Selamat Datang Di Seputar Merapi Semoga Bisa Menambah Informasi Terima Kasih, Salam Lestari Bara Meru ( B M ) - I Love Merapi - I Love Merapi - I Love Merapi

Status Merapi Turun Jadi 'Waspada'

Jakarta - Status Gunung Merapi kembali diturunkan dari level 'Siaga' menjadi 'Waspada'. Penurunan status ini menyusul menurunnya aktivitas vulkanik salah satu gunung paling aktif di dunia ini.

"Status Gunung Merapi turun lagi jadi 'Waspada' per hari ini. Artinya aktivitasnya sudah relatif menurun dibandingkan sebelumnya 'Siaga'," ujar Kepala Seksi Merapi Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK), Sri Sumarti saat dihubungi detikcom, Kamis (30/12/2010).

Menurut Sri Sumarti, kondisi Merapi saat sudah lebih kondusif. Gempa-gempa memang masih muncul, tapi intensitasnya tak sesering sebelumnya dan tidak begitu signifikan.

"Gempa tektonik sudah jarang. Artinya bahwa gempanya sudah menurun kemudian," tuturnya.

Hal senada juga dituturkan oleh Kepala Pusat Vulkonologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Kementerian ESDM, Surono. Dijelaskan dia, penurunan status ini dikarenakan aktivitas vulkanik Merapi yang mulai berkurang.

"Aktivitas sudah menurun, aktivitas vulkanik sudah menurun," jelasnya.

Dengan adanya penurunan ini, menurut Surono, kecil kemungkinan status Merapi akan kembali naik dalam waktu singkat. Dia mengatakan, status Merapi tidak bisa fluktuatif naik turun.

"Kecil kemungkinan, jarang. Pertimbangannya kan sudah menurun. Kan sudah level 2 dari 4 level. Kalau sudah level waspada, kecil kemungkinan naik lagi," ucapnya.

Sebelumnya, status 'Awas' Merapi yang ditetapkan pada tanggal 25 Oktober lalu diturunkan menjadi 'Siaga' pada tanggal 3 Desember 2010. Sejak 3 Desember 2010, aktivitas Gunung Merapi terus menurun.
sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!