Selamat Datang Di Seputar Merapi Semoga Bisa Menambah Informasi Terima Kasih, Salam Lestari Bara Meru ( B M ) - I Love Merapi - I Love Merapi - I Love Merapi

Tiga Kali Letusan Terakhir, Merapi Beraktivitas di Luar Kebiasaannya

01 November 2010, 05:17:02

Berbedanya karakter letusan pada 3 kali aktivitas sejak Selasa (26/10) membuat masyarakat sekitar kini harus kian waspada terhadap ancaman Gunung Merapi.

R. SUKHYAR Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM pada suarasurabaya.net mengatakan Merapi kini menampakkan karakter letusan di luar kebiasaannya. "Biasanya letusan Merapi ditandai guguran kubah lava. Dalam letusan 2010 ini tidak demikian, melainkan letusan eksplosif. Ini ditandai dengan letusan vertikal sampai tinggi 3,5 km," kata dia.

Magma yang ada, diyakini SUKHYAR, masih berada jauh di permukaan, lebih dari 2 km dalamnya. Letusan eksplosif terjadi karena momentum letupan gas yang memisah dari magma, membawa pula material vulkanis berupa bongkahan besar magma yang jatuh di sekitar kubah lava, serta awan panas dan abu-pasir ke segala arah sampai ke Boyolali, Solo, dan, Yogyakarta.

Dikatakan pula oleh SUKHYAR, sulit untuk menyimpulkan tren apalagi mengetahui letusan berikut berdasarkan 3 data ini. Namun setidaknya, pihak Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta sudah mengetahui beberapa ciri baru letusan yang bisa diwaspadai, yakni adalah gempa vulkanik dangkal.

Gempa vulkanik dangkal adalah gempa yang terjadi pada aktivitas kegunungapian dan biasanya berupa gempa dangkal. Gempa ini hanya bisa dirasakan oleh instrumen seismograf. Dalam aktivitas terakhir Merapi, gempa vulkanik dangkal meningkat dengan cepat, pada letusan Selasa lalu mencapai lebih dari 40 kali dan letusan Minggu sore kemarin lebih dari 20 kali.

Dengan aktivitas Merapi yang terbilang baru karakternya ini, dia berharap masyarakat tetap berada di luar radius aman 10 km. Bagaimanapun, kata dia, Merapi memang sedang menjalani keseimbangan barunya, jadi lebih baik diikuti dan tetap waspada saja
sumber

Search Engine Submit Express Inc.SEO Services & Tools

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!