Selamat Datang Di Seputar Merapi Semoga Bisa Menambah Informasi Terima Kasih, Salam Lestari Bara Meru ( B M ) - I Love Merapi - I Love Merapi - I Love Merapi

Zona Bahaya Gunung Merapi di Sleman Turun Sampai 10 Kilometer


Jumat, 19/11/2010 10:20 WIB
Yogyakarta - Setelah 2 minggu, ancaman bahaya Gunung Merapi di kawasan Sleman, DI Yogyakarta, akhirnya turun dari 20 kilometer menjadi 10 dan 15 kilometer. Namun, status Gunung Merapi masih Awas.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVBMG), Surono, mengatakan intensitas Marapi cenderung turun pasca letusan tanggal 5 November. Begitu juga dari data GPS terjadi pengempisan pada tubuh Merapi. Energi Merapi juga relatif menurun.

"Untuk itu kita mengambil langkah mulai hari ini, kita ubah ancaman bahayanya," kata Surono di Media Center, Jalan Kenari 14, Yogyakarta, Jumat (19/11/2010).

Untuk wilayah Sleman dari Kali Boyong ke arah barat, radius bahayanya 10 kilometer. Sedangkan dari Kali Boyong ke arah timur sampai Kali Gendol radius bahayanya 15 kilometer.

Untuk Magelang, radius bahaya diturunkan menjadi 10 kilometer. Untuk Boyolali karena terhalang dinding Merapi dan dinilai relatif aman, garis amannya dimajukan menjadi 5 kilometer. Sedangkan untuk Klaten, masih dipertahankan di 10 kilometer.

"Namun dari itu semua, kami tetap mengingatkan status tetap di level Awas," ujar dia.

Selain itu, Mbah Rono meminta warga agar berada di luar 300 meter dari sisi kiri maupun kanan sungai yang ada di Merapi yang dianggap bahaya seperti Kali Boyong, Kali Gendol, dan Kali Kuning.

http://Kumpulblogger.com
sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!