Selamat Datang Di Seputar Merapi Semoga Bisa Menambah Informasi Terima Kasih, Salam Lestari Bara Meru ( B M ) - I Love Merapi - I Love Merapi - I Love Merapi

Sultan: Setelah 20 Km dari Merapi Aman, Selamat Datang di Yogya

Jakarta - Erupsi masih terjadi di Merapi, hanya saja intensitasnya sudah menurun. Jarak aman masih 20 km dari puncak. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X menyampaikan agar masyarakat luas tidak takut datang ke Yogya.

"Saya menyampaikan kepada warga baik yang di Yogya maupun di luar Yogya. Yogyakarta ini tetap aman," ujar Sri Sultan di Kantor Gubernur DIY, Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (11/11/2010).

Yang tidak dimungkinkan untuk dimasuki, lanjut dia, adalah daerah yang masih dalam keadaan bahaya. Ini adalah daerah dalam radius 20 km dari puncak Gunung Merapi.

"Di luar itu, kehidupan masyarakat seperti biasa. Tidak ada sesuatu yang perlu ditakutkan. Baik yang berjualan di pasar, pertokoan Malioboro, maupun kunjungan orang asing seperti turis, tenaga ahli yang ingin belajar mendalami Merapi di Kantor Meteorologi dan Geofisika," tutur Sultan.

Menurut dia, sepanjang berada di daerah aman, maka tidak ada sesuatu yang perlu ditakutkan. Karena itu, dia mengimbau agar warga di Yogya tetap tenang. Sedangkan bagi warga di luar kota yang ingin ke Yogya juga tidak perlu merasa takut kepada letusan Merapi.

"Karena hanya 20 km yang dianggap berbahaya. Selamat datang di Yogya," ucap Sultan.

Pada Rabu (10/11) kemarin, Puskom Publik Kemenkes merilis, total korban meninggal akibat letusan Merapi sejak 26 Oktober ada 185 orang, total rawat inap 1.235 orang, dan yang masih rawat inap 666 orang.

Sedangkan jumlah pengungsi tercatat ada 279.779, dengan rincian di Kabupaten Magelang 88.274, Kota Magelang 2.772, Boyolali 39.767, Klaten 93.224, Sleman 52.945, Kulonprogo 2.797.

Selain itu, telah dibentuk 440 pos kesehatan, dengan rincian di Yogyakarta 80 pos dan Jateng 360 pos. Kemenkes juga telah mendirikan 3 RS Lapangan di Magelang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!