Selamat Datang Di Seputar Merapi Semoga Bisa Menambah Informasi Terima Kasih, Salam Lestari Bara Meru ( B M ) - I Love Merapi - I Love Merapi - I Love Merapi

Pengungsi Merapi di Jawa Tengah Berkurang 40.203 Orang


Semarang - Perubahan status radius aman Gunung Merapi oleh Badan Geologi, mengubah jumlah pengungsi di Jawa Tengah. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah Jarot Nugroho menyatakan, jika sebelumnya, pengungsi berjumlah 255.792 orang, berkurang menjadi 215.589 orang atau berkurang sebanyak 40.203 orang.Usai rapat koordinasi dengan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo di Semarang, Senin (15/11), Jarot mengatakan, jumlah pengungsi itu berkurang di tiga kabupaten. Rinciannya, di Kabupaten Magelang dari 87.053 orang menjadi 83.824 orang atau berkurang 3.229 orang. Di Kabupaten Boyolali yang semula 51.726 orang menjadi 29.780 orang atau berkurang 21.946 orang. Kabupaten Klaten dari 107.079 orang menjadi 92.081 orang atau berkurang 14.998 orang.

Badan Geologi telah mengumumkan perubahan radius aman, yakni Boyolali 10 kilometer, Magelang 15 kilometer, dan Klaten 10 kilometer. Sebelumnya, radius aman Merapi rata-rata 20 kilometer.

Jarot menyatakan perubahan radius aman berubah karena melihat kondisi Gunung Merapi yang secara fluktuatif sudah menurun. Meski begitu, status Merapi masih tetap awas. Berdasarkan hasil pemantauan instrumental dan visual aktivitas Gunung Merapi masih menunjukan intensitas yang tinggi. Dengan kondisi tersebut maka status aktivitas Gunung Merapi masih tetap pada tingkat awas level 4. Jarot menyatakan ancaman bahaya Gunung Merapi dapat berupa awan panas dan lahar.

Meski begitu, Jarot tetap memperkirakan para pengungsi masih membutuhkan waktu yang lama di tempat pengungsian. Terutama bagi mereka yang rumahnya sudah rusak dan hancur diterjang awan panas Gunung Merapi beberapa waktu lalu. Untuk itu, Jarot menyatakan para pengungsi membutuhkan pelayanan psikologi dan khusus anak-anak membutuhan sarana permainan anak.
sumber
Mau uang tambahan klik ( Di Sini ) by kumpulblogger.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!