Selamat Datang Di Seputar Merapi Semoga Bisa Menambah Informasi Terima Kasih, Salam Lestari Bara Meru ( B M ) - I Love Merapi - I Love Merapi - I Love Merapi

Menko Kesra Pantau Puncak Bromo Pukul 03.00 WIB


Pemerintah telah menaikkan status Gunung Bromo menjadi awas pada Selasa (23/11), kemarin. Menko Kesra Agung Laksono terjun langsung ke lokasi untuk memantau perkembangan gunung yang berada di Probolinggo, Jawa Timur (Jatim), itu.

"Ada 19 gunung yang bergolak statusnya dari siaga ke waspada. Tapi dari gunung-gunung itu Gunung Bromo melesat sendiri ke level tertinggi menjadi status awas. Dan itu yang mendorong sayang ke sini," ujar Agung di sela-sela pertemuannya dengan Bupati Probolinggo, Hasan Aminuddin, di pendopo Kabupaten Probolinggo, Jl Ahmad Yani, Kamis (25/11/2010).

Meskipun bagi warga sekitar aktivitas Bromo masih relatif aman, Agung berpesan kepada pejabat setempat untuk tetap selalu waspada. Jangan sampai karena kelalaian berujung pada jatuhnya korban jiwa.

"Saya berpesan, utamakan keselamatan para warga. Diupayakan agar zero korban semaksimal mungkin. Maka itu salah satu tujuan saya ke sini untuk memastikan langkah-langkah apa yang akan dilakukan, meski belum ada letusan," katanya.

Lebih lanjut Agung menjelaskan, menghadapi bencana yang diakibatkan oleh aktivitas gunung lebih mudah dibanding bencana lain seperti tanah longsor dan tsunami. Sebab, tanggap penanggulangan bencana gunung meletus sudah ada tahapan-tahapannya.

"Kalau menghadapi bencana seperti ini, inikan beda dengan longsor dan tsunami. Ada tahapan-tahapannya sehingga kita bisa melakukan antisipasi," jelas pria mantan Ketua DPR yang mengenakan batik coklat lengan panjang ini.

Agung berjanji meskipun ini bencana daerah, pemerintah pusat tidak akan pernah lepas tangan.

"Walapun bencana tingkat daerah, kami dari pusat akan tetap memberi dukungan 100 persen. Tentu kita harapkan tidak terjadi bencana. Kalau sampai terjadi jangan sampai ada korban jiwa," tegas politisi Partai Golkar ini.

Belum jelas apa saja agenda Agung selama di Probolinggo. Informasi yang diterima detikcom, Agung akan memantau langsung aktivitas Bromo sekitar pukul 03.00 WIB dini hari dan dari radius 3 Km dari puncak gunung. Sejumlah pejabat pemerintah setempat akan mendampinginya termasuk Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf.
sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!