Selamat Datang Di Seputar Merapi Semoga Bisa Menambah Informasi Terima Kasih, Salam Lestari Bara Meru ( B M ) - I Love Merapi - I Love Merapi - I Love Merapi

Sultan: Merapi Hanya Meleleh

Jumat, 22 Oktober 2010 | 23:27 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengaku tak dapat memaksa masyarakat sekitar lereng Gunung Merapi untuk segera mengungsi. Hal tersebut karena kebiasaan masyarakat selama ini.

"Selama ini Merapi tidak pernah meletus, hanya meleleh, yang radiusnya kira-kira 6-8 kilometer dari puncak. Hal itu yang membuat masyarakat di sekitar Merapi sulit diminta untuk mengungsi," katanya di Yogyakarta, Jumat (22/10/2010).

Ia mengatakan, hingga kini pihaknya belum memberikan imbauan kepada masyarakat agar mengungsi. Petugas masih menunggu perkembangan lebih lanjut, termasuk belajar dari pengalaman dan karakter warga di sekitar Merapi yang sulit untuk diminta mengungsi.

"Kami lihat kondisinya seperti apa. Jika lahar itu hanya di atas lalu meleleh turun tidak sampai permukiman, ya siapa warga yang mau mengungsi. Mereka justru malah takut jika barangnya hilang sehingga kami menunggu perkembangannya sambil melakukan persiapan," katanya.

Namun, Sultan menekankan kepada setiap instansi untuk melakukan koordinasi terkait dengan peningkatan status Gunung Merapi dari waspada menjadi siaga. Ia telah memberikan arahan agar instansi di Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Sleman berkoordinasi untuk kesiapan penanggulangan bencana Merapi.

Menurut dia, Pemprov DIY dalam penanggulangan bencana Merapi telah menyiapkan dana tak terduga yang bisa digunakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Pemprov DIY juga melakukan koordinasi dengan Pemkab Sleman, terutama dalam perbaikan sarana dan prasarana evakuasi warga.

"Dana tak terduga setiap saat bisa keluar jika dibutuhkan karena memang disiapkan untuk bencana apa pun. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Pemkab Sleman dalam penanggulangan bencana Merapi," katanya.

Walau demikian, kewenangan untuk menentukan langkah apa yang akan ditempuh berada di Pemkab Sleman. Dalam hal ini, yang penting sudah disiapkan beberapa hal seperti permukiman dan kelengkapan, termasuk perbaikan jalur evakuasi.
sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!