Selamat Datang Di Seputar Merapi Semoga Bisa Menambah Informasi Terima Kasih, Salam Lestari Bara Meru ( B M ) - I Love Merapi - I Love Merapi - I Love Merapi

Candi Borobudur Memutih Akibat Abu Vulkanik Merapi

27/10/2010 17:39
Liputan6.com, Semarang: Dampak letusan Gunung Merapi, pijaran lava, dan abu maupun material letusan lain juga dirasakan warga di Klaten, Jawa Tengah, Rabu (27/10). Candi Borobudur yang merupakan warisan budaya Buddha di Indonesia juga terselimuti debu vulkanik dari muntahan gunung merapi. Puluhan orang kini membersihkan Candi Borobudur dari abu, pembersihan difokuskan pada stupa Candi.

Selain itu, letusan gunung merapi juga menyebabkan ratusan hektar hutan di lereng Gunung Merapi yang berada diatas obyek wisata Deles Indah hangus terbakar. Pemandangan yang memprihatinkan juga terlihat dari tepi jurang alur Kaliworo yang berada diatas obyek wisata Deles Indah, terlihat sisa-sisa hutan yang terbakar.

Hutan pinus yang berada di lereng Merapi, yang berada di wilayah Klaten, Jawa Tengah, juga terbakar dan berubah menjadi putih. Hutan pinus tersebut tertimbun material vulkanik gunung merap ( baca : Merapi Meletus, Ratusan Hektare Hutan Pinus Hangus)
Dahsyatnya letusan gunung merapi, juga dirasakan warga di Kota Magelang, Jawa Tengah. Tak hanya menghanguskan hutan pinus, objek wisata yang tadinya berwarna hijau berubah menjadi hamparan abu putih baik tanaman maupun tebing-tebingnya. Kini, hamparan putih di hutan pinus dan Candi Borobudur menjadi tontonan warga.
sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!